Misteri Inisial D dalam One Piece

Inisial D.
                                          
 
Dalam anime One Piece ini beberapa karakter memiliki inisial tengah "D.". Hal ini telah menjadi misterius dan telah di sebut "the Will of the D" atau "D's Will" oleh beberapa karakter di One Piece. Beberapa terjemahan keliru menyebutnya sebagai "Gol D’s Will" dalam referensi ke Gol D. Roger, raja bajak laut sebelumnya. sementara FUNimation menyebutnya sebagai "the Spirit of D." baik yang berasal dari kesalahan penerjemahan dari teks asli Jepang. Dalam rekap suplemen Grand Line Times, mereka disebut sebagai "The men of D."

Para pemilik gelar D. yang sudah muncul adalah:
1.      Monkey D. Luffy, kapten Bajak Laut Topi Jerami yang termasuk The Eleven Supernova (Bajak laut dengan nilai buruan diatas 100 juta), dan calon raja bajak laut.
2.      Monkey D. Dragon, "Sang Revolusioner", Ayah dari Monkey D. Luffy. Orang paling dicari oleh angkatan laut.
3.      Monkey D. Garp, seorang Laksamana Madya/Wakil Admiral ('Chuujo') di Angkatan Laut. Merupakan kakek dari Monkey D. Luffy dan Portgas D. Ace (kakek angkat), juga yang mengasuh mereka saat kecil.
4.      Gol D. Roger/Gold Roger, "Raja Bajak Laut", Ayah Portgas D. Ace dan suami dari Portgas D. Rogue. Raja Bajak Laut yang menemukan One Piece dan telah dihukum mati oleh Angkatan Laut.
5.      Portgas D. Ace, kakak angkat dari Monkey D. Luffy. Anak Gol D. Roger dan Portgas D. Rogue. kapten divisi 2 dari kelompok bajak laut shirohige.
6.      Portgas D. Rouge, ibu Portgas D. Ace, dari Pulau Baterilla yang berada di South Blue. Mati setelah melahirkan Ace.
7.      Jaguar D. Saul (Haguar D. Sauro), Dia yang menolong Nico Robin saat masih kecil, Peristiwa Ohara. Awalnya ia menjabat sebagai laksamana muda di Angkatan Laut. Lalu desersi demi membebaskan Nico Olvia, ibu Nico Robin.
8.      Marshal D. Teach/Kurohige, Kapten bajak laut Kurohige. satu-satunya orang yang memiliki dua kekuatan buah setan yaitu Yami Yami yang berarti kegelapan dan Gura Gura yang berarti gempa (kekuatan Shirohige).
 
 
1. Misteri Inisal D.
Inisial ini pertama kali ditunjukkan dalam pertanyaan SBS Oda dan dia juga ditanya apa maksud D dalam nama Luffy. Oda hanya menjawab untuk membacanya sebagai D untuk sekarang dan dia akan mengungkapkan kebenaran di balik nama itu di kemudian hari. Ini adalah pertama kalinya "D" Luffy dibesarkan, serta petunjuk pertama Oda menuju misteri yang lebih besar.

Dalam alur cerita, Kureha adalah yang pertama kali menyebutkan Inisial D. dan itu diungkapkan oleh dia bahwa Gold Roger (raja bajak laut sebelumnya) nama aslinya adalah Gol D. Roger dan Gold D Roger mempunyai kesamaan dengan Monkey D Luffy. Dia berkata kepada Dalton bahwa Chopper telah bergabung dengan orang yang sangat berbahaya. 
Inisial D. juga dibicarakan oleh Robin tiga kali, yaitu pada saat:
1.      Pada saat di Alabasta saat ia bertanya kepada Luffy tentang arti dari 'D' meskipun Luffy tidak tahu.
2.      Inisial D. juga pernah dibicarakan oleh Nico Robin kepada Gan Forr di Pulau Skypiea ketika orang pulau langit menemukan Lonceng Emas yg tersangkut. Gan Forr berpendapat bahwa Luffy memiliki kesamaan sifat dgn Raja Bajak Laut yg pernah berkunjung ke pulau langit.
3.      Ketika Nico Robin berusaha menanyakan kembali arti inisial D kepada Silvers Rayleigh yg berhubungan dgn Void Century. Rayleigh tidak menjawab tentang arti nama D, tetapi menjelaskan bahwa kru Oro Jackson ( Gold D Roger ) hanya mencari sejarah tentang Void Century. Ketika Rayleigh menawarkan akan menjelaskan arti nama D, Robin menolak & akan berusaha menemukan jawabannya sendiri.

Satu petunjuk lain tentang inisial D. jg pernah di jelaskan oleh Jaguar D. Saul selaku pemilik gelar D, dia mengatakan bahwa dia sendiri jg tidak mengetahui arti inisial D, dia hanya menjelaskan bahwa semua marga keluarga menggunakan inisial D yg sama.
Sejauh ini dalam cerita One Piece didapat fakta bahwa semua pemilik gelar D. pada dasarnya memiliki keluarga yang juga memiliki gelar D. Selain itu banyak yang mengatakan bahwa inisial D juga diwariskan kepada keturunannya secara terus-menerus. Contohnya :
1.      Monkey D Luffy mempunyai ayah seorang tokoh revolusioner Monkey D Dragon & kakek seorang perwira tinggi angkatan laut Monkey D Garp.
2.      Monkey D Luffy mempunyai kakak yang diadopsi oleh kakeknya yaitu Portgas D Ace. Portgas D Ace sendiri memiliki ayah yang bernama Gold D Roger & ibunya bernama Portgas D Rouge.

Shirohige mencatat bahwa membunuh garis keturunan D tidak memadamkan api mereka (orang yang membawa D) membawa dan orang lain hanya akan mengambilnya suatu hari. Kemudian pada saat Trafalgar Law Menyatakan "Apa yang dipikirkan Raja Kegelapan saat ini? The Will of D. hampir memanggil badai lagi.". Hal ini masih belum terungkap mengapa dia mengatakan itu, tetapi Silvers Rayleigh member petunjuk bahwa itu memiliki tujuan yang jelas karena ingin mencari Monkey D. Luffy di Amazon Lily. Kemudian salah satu Gorousei menyatakan bahwa "D" berarti Danger (bahaya).
2. Warisan Inisial D.
Pada saat di Loguetown ketika Monkey D. Dragon muncul "Warisan ini, pembengkakan perubahan zaman, dan mimpi-mimpi manusia. Ini adalah hal yang tidak dapat dihentikan. Selama manusia mencari jawaban untuk kebebasan, ini tidak akan pernah dihentikan! "

Hal ini tidak jelas apa arti dari nama tengah D, tapi tampaknya semua berbagi keyakinan yang sama dalam mereka sendiri (dan orang lain) mimpi dan takdir. Setiap kali D. muncul, serangkaian peristiwa besar dapat terjadi di dunia One Piece khususnya ketika mereka terlibat langsung, ini sudah termasuk awal dari sebuah era baru, perang dan banyak perubahan pemerintah.
Misteri terbesar D adalah bahwa sebagian dari mereka yang membawa gelar D. sendiri tidak tahu sepenuhnya apa artinya. Jaguar D. Saul ditampilkan dengan tidak adanya pengetahuan tentang D. ketika Nico Robin bertanya apa artinya. Ketika dia ditanya mengapa Monkey D. Luffy yang membawa pertarungan D., ia juga benar-benar tidak menemukan petunjuk apa-apa dari yang dia bicarakan. Meskipun tampaknya bahwa Marinir sedikit menyadari arti dari D' padasaat Sengoku menunjukkan ketertarikan kepada Ace.

Gol D. Roger juga menampilkan itu dalam dialog antara dia dan Shirohige. Ia memulai "waktu yang sangat lama" tetapi sebelum dia bisa menyelesaikan, Dia begitu jauh dan hanya diketahui oleh alur cerita yang telah menemukan apa arti dari D. dalam dirinya.
Fakta lebih jauh bahwa para pemilik gelar D bisa bertahan lebih lama setelah mengalami suatu pertempuran/hukuman. Mereka tidak pernah menyerah selama tujuannya belum tercapai, mereka hanya menyerah kepada kematian jika percaya bahwa kematian tersebut merupakan takdirnya. Selain itu para pemilik gelar D seringkali tersenyum atau tidak takut ketika kematian menghampirinya. Reaksi para pemilik gelar D ketika menghadapi kematian antara lain:
1.      Beberapa saksi menyebutkan Gold D Roger tersenyum ketika akan menghadapi eksekusi.
2.      Monkey D. Luffy tertawa saat perahu pertamanya masuk ke dalam pusaran air.
3.      Smoker menyasksikan Monkey D. Luffy tersenyum dengan cara yang sama seperti Gol D. Roger saat Buggy akan mengeksekusinya di Logue Town.
4.      Nico Robin juga menyaksikan Jaguar D. Saul tertawa dan tersenyum ketika akan mati karena dibekukan oleh Aokiji
5.      Portgas D. Rouge terlihat tersenyum ketika menamakan anaknya Ace sesaat sebelum kematiaanya karena melahirkan.
6.      Ace tersenyum setelah berpamitan dan menyampaikan kata-kata terakhirnya kepada Luffy di Marineford.
Contoh lainnya adalah ketika duel antara Ace dan Blackbeard, dimana mereka berdua, Ace dan Blackbeard tersenyum sebelum serangan terakhir mereka dalam menghadapi satu sama lain. Meskipun Blackbeard memang menunjukkan keyakinan yang kuat pada buah iblisnya dan berfikir tidak mungkin dia akan mati. Ace juga tidak mati dan hanya dikalahkan oleh Blackbeard dan dia dikirim ke Impel Down, tetapi keduanya mungkin berpikir mereka akan menang atau mati.

Sebelum kematian Whitebeard, ia menceritakan kembali masa lalu pada saat ia diberitahu oleh Gol D. Roger dari makna sejati di balik gelar D. ia mengklaim bahwa Roger sedang menunggu seorang pria dengan memiliki inisial D. Dia mencatat bahwa Marshall D Teach bukanlah orang yang membawa "Roger Will" yang juga mencakup "Ace Will" dan bahwa suatu hari itu akan dijemput oleh yang lain.
Namun, Marshall D Teach memang menunjukkan rasa takut ketika akan menghadapi kematian. Hal tersebut terjadi di Marineford ketika Whitebeard akan menyerangnya. Marshall D Teach mulai panik dan berkata dengan takut "Kamu tidak akan membunuh anakmu sendiri bukan?" kepada Whitebeard. Marshall D Teach merupakan satu-satunya pemilik gelar D yang pernah menunjukkan rasa takut pada kematian.

4. Marshall D Teach, mantan kapten divisi 4 Whitebeard yg menjadi kapten bajak laut Blackbeard. Salah seorang Shichibukai.

 
5. Gold D Roger mati saat eksekusi di Logue Town saat berumur 22 tahun. Memilih menjalani eksekusi terbuka setelah diketahui mengidap penyakit yg parah. Merupakan raja bajak laut, kapten dari kru Oro Jackson.

6. Jaguar D Saul, mantan Laksamana angkatan laut yg mati saat berumur 20 tahun. Jaguar D Saul dibunuh oleh Laksamana Aokiji karena menghianati angkatan laut. Merupakan satu-satunya penyandang D dari kaum raksasa yg notabenenya bisa hidup sampai berumur 300 tahun.

 
7. Portgas D Rouge, istri Gold D Roger & ibu Portgas D Ace yg mati saat berumur 20 tahun. Portgas D Rouge mati ketika melahirkan Portgas D Ace. Merupakan satu-satunya penyandang D yg wanita.

8. Portgas D Ace, kapten divisi 2 Whitebeard yg dijuluki Ace si Tinju Api serta anak dari Gold D Roger & Portgas D Rouge. Mati karena melindungi adiknya Monkey D Luffy dari serangan Laksamana Akainu.

 
Click neh yeah,, m-syahrur.blogspot.com 
 
Creative ext: "M.Syahrur"