(Bab 3) Teknik Pencurian Data dan 4 Tujuan Keamanan Sistem Informasi



Hai sobat blog Master, ketemu lagi sama saya, saya kira dh bakal jarang nih ngepost blog, ternyata ada tugas dari Pelajaran Pengolahan Informasi untuk mosting ke blog , ya tentu saya semangat karna dh lama gak nulis artikel sendiri :3
Saya akan mulai dari BaB 3 yang membahas 4 tujuan Sistem keamanan Informasi dan Teknik Pencurian Data, kenapa saya mulai dari bab 3 karna di bab sinilah ketertarikan saya pada dunia Cyber bermula ..
Dan sebelum ke topic pembahasan saya Cuma mau mengingatkan, artikel yang saya post ini tidak akan bisa membuat kalian menjadi lebih Ganteng , Kaya , apalagi menghilangkan setatus Jomblo kalian , Sobat :D
Yuk cekibrot langsung ke pembahasan:

Pengertian Dan Contoh 4 Tujuan Sistem Keamanan Informasi
Keamanan sebuah informasi merupakan suatu hal yang juga harus diperhatikan, karena jika sebuah informasi dapat di access oleh orang yang tidak berhak atau tidak bertanggung jawab, maka keakuratan informasi tersebut akan diragukan, bahkan akan menjadi sebuah informasi yang menyesatkan.
Sistem keamanan informasi (information security) memiliki empat tujuan yang sangat mendasar, yaitu :
- Availability
Menjamin pengguna yang valid selalu bisa mengakses informasi dan sumberdaya miliknya sendiri. Untuk memastikan bahwa orang-orang yang memang berhak tidak ditolak untuk mengakses informasi yang memang menjadi haknya.
-contoh:
-akun email yang menggunakan password
 -Data yang diberi password saat penyimpanan
  -Computer yang diberi password agar tidak digunakan orang lain
  -Wifi yang digunakan yang sudah mendaftar dan diberi password dsb

- Confidentiality
Menjamin informasi yang dikirim tersebut tidak dapat dibuka dan tidak dapat diketahui orang yang tidak berhak. Sehingga upaya orang-orang yang ingin mencuri informasi tersebut akan sia-sia.
-contoh: -saat pengiriman data melewati internet, data yang dikirim akan dirubah dahulu menjadi sandi-sandi yang haya dapat dirubah saat data tersebut sampai pada orang yang dituju.

- Integrity
Menjamin konsistensi dan menjamin data tersebut sesuai dengan aslinya. Sehingga upaya orang-orang yang berusaha merubah data itu akan ketahuan dan percuma.
-Contoh: saat data dikirim juga dilakukan perlindungan agar pada saat data dikirim tidak di rubah orang lain sehingga data yang terkirim tadi isinya berubah dan informasi menjadi rusak, kebanyakan dengan cara pengiriman virus.

- Legitimate Use
Menjamin kepastian bahwa sumberdaya tidak dapat digunakan oleh orang yang tidak berhak.
Contoh: data-data yang telah dicuri akan dipublikasikan dan mengambil hak cipta dari yang mempunyai data tersebut, maka dari itu harus dilakukan perlindungan.

Teknik pencurian data dan cara mengatasinya

Ada beberapa teknik yang dilakukan oleh para hacker dalam mencuri data di internet, diantaranya :

1. Teknik Session Hijacking
Dengan session hijacking, hacker menempatkan sistem monitoring/spying terhadap pengetikan yang dilakukan pengguna pada PC yang digunakan oleh pengguna untuk mengunjungi situs. Untuk mengatasi masalah ini pengguna sebaiknya menggunakan komputer yang benar-benar terjamin misalnya menginstal antivirus untuk surfing agar tetap aman, dan tidak digunakan oleh sembarang orang, misalnya komputer di rumah, kantor, dsb.
Contoh: Komputer warnet yang sudah dipasangkan aplikasi remote jarak jauh atau aplikasi save history ID Pasword.
Contoh aplikasi:
- Teamviewer aplikasi untuk remote jarak jauh.
-  KeyLonger aplikasi untuk save History

2. Teknik Packet Sniffing
Pada teknik ini hacker melakukan monitoring atau penangkapan terhadap paket data yang ditransmisikan dari komputer client ke web server pada jaringan internet. Bisa juga si hacker memakai tool sniffing untuk melakukan teknik ini , seperti aplikasi wireshark dan Netcut. Untuk mengatasi masalah ini perlu dilakukan enkripsi/penyandian paket data pada komputer client sebelum dikirimkan melalui media internet ke web server. Atau bisa memakai aplikasi NetCut Defender dan anti Netcut 3.

3. Teknik DNS Spoofing
Dizaman cangih sekarang teknik ini lebih dikenal sebagai Phising, karna biasanya sih hacker melakukan pemalsuan web agar mendapatkan informasi sebuah akun target. Pada teknik ini hacker berusaha membuat pengguna mengunjungi situs yang salah sehingga memberikan informasi rahasia kepada pihak yang tidak berhak. Untuk melakukan tehnik ini hacker umumnya membuat situs yang mirip namanya dengan nama server eCommerce asli. Misalnya www.klikbca.com merupakan situs yang asli, maka hacker akan membuat situs bernama www.klik_bca.com, www.klikbca.org, www.klik-bca.com, www.klikbca.co.id. Dengan demikian ketika pengguna membuka alamat yang salah, ia akan tetap menduga ia mengunjungsi situs klikbca yang benar.

Untuk mengatasi masalah tersebut di atas dapat dipecahkan dengan melengkapi Digital Certificates pada situs asli. Dengan demikian meskipun hacker dapat membuat nama yang sama namun tidak bisa melakukan pemalsuan digital certificate. Pengguna atau pengunjung situs dapat mengetahui bahwa situs itu asli atau tidak dengan melihat ada tidaknya certificate pada situs tersebut menggunakan browser mereka. Disamping itu webserver eCommerce harus dilengkapi dengan firewall yang akan menyaring paket-paket data yang masuk sehingga terhindar dari serangan Denial Of Service (DoS)
ada antisipasi mudahnya, kita cukup mengInstal antivirus browser agar kita aman waktu surfing digoogle dan tercegah dari pencurian data.

4. Teknik Website Defacing

Nah disinilah teknik yang saya paling suka, karna Indonesia terkenal dengan defacer, attacker, dan carder nya yang sudah diakui dunia.
Salah satu defacer yang diakui dunia adalah Hmei7[archive http://www.zone-h.org/archive/defacer=Hmei7] dan Kamtiez[http://www.zone-h.org/archive/notifier=kaMtiEz] , mereka berdua adalah defacer tinggkat atas yang menduduki salah satu archive deface hacker dunia , yaitu www.zone-h.org.
Pada teknik ini hacker melakukan serangan pada situs asli misalkan www.klikbca.com kemudian mengganti isi halaman pada server tersebut dengan miliknya. Dengan demikian pengunjung akan mengunjungi alamat dan server yang benar namun halaman yang dibuat hacker.

Untuk mengatasi masalah di atas server eCommerce perlu dikonfigurasi dengan baik agar tidak memiliki security hole dan harus dilengkapi firewall yang akan menyaring paket data yang dapat masuk ke situs tersebut, cara mengatasi mudahnya kita bisa melakukan patch terhadap web kita dan menutup celah yang ada.

 Nah di artikel ini saya juga akan memposting bagaimana melakukan web Defacing dengan salah satu exploitasi yang terbilang mudah.
- Untuk exploitasi yang paling mudah yaitu exploit xss vulnerability sudah pernah saya posting diblog saya | klik disini 
- Untuk exploit web deface dengan Com_User | klik disini 
- Untuk kalian pengguna backtrack, silahkan download e-book attacking side with backtrack disini (disitu terdapat tutorial web defacing, dan tutorial menggunakan backtrack lumayan lengkap).

- Nah kalo exploit yang saya share disini adalah web defacing dengan Com_JCE.

Tutorial Deface dengan Com_JCE
[Scan dengan python]
Alat yang diperlukan:
-       Python (Sesuaikan sama spesifikasi lepy/pc kalian)
-       Shell kalian
-       JCE 3xploiter
-       Script Deface
-       Aplikasi scan berformat .py untuk dijalankan dipython

Download dulu Pythonnya (disini saya memakai Python 2.7.5 Windows Installer), kalo sudah selesai di download , Instal Pythonnya ke disk c.
Lalu masukan aplikasi .py nya ke folder python yang baru kalian install tadi .

Kalo bingung liat gambar diatas.
Yang dilingkari itu aplikasi scan .py nya , saya kasih nama ss.py , bisa kalian ganti nama nya sesuka kalian J
Kita akan memakai Dork ini:  inurl:products "joomla" site:th
Dork diatas bisa kalian kembangkan , agar mendapatkan site yang masih hangat.

Pastekan Dork tadi ke Kotak pencarial google..
Lalu cari target yang ada pada halaman google , pilih salah satu lalu copy url target yang kalian pilih.
Liat gambar di bawah:
Lalu pasteka link target yang sudah kalian pilih tadi kesini: http://reverseip.domaintools.com/search/?q=www.ca-solutions.co.th

Contoh gambar:
Lalu klik lookup dan pilih yang domainnya banyak ya ..[kalo yang dicontoh gambar domainnya Cuma 4]
Lalu copy ip address target kalian ..



Buka cmd, dan ketik seperti gambar dibawah ini:

Catatan: yang ss.py nya itu ganti sesuai nama aplikasi penyecan py nya yang kalian punya ..
Dan disitukan keluar tulisan IP: nah pastekan IP yang tadi sudah kalian Lookup di web tadi..
Nanti dia akan nyecan itu IP , kalo yang vuln atau bisa di deface akan muncul seperti gambar dibawah:

Nah saya sudah mempunyai target sendiri, saya akan mencoba dengan target yang sudah saya punya .
Saya pastekan targetnya ke dalam jce 3xploiter:
Lihat gambar dibawah:

Pastekan target di jce 3xploiter klik start, nanti kalo sudah ada bacaan completed dan di kotak shell keluar link , tinggal klik kanan trus klik OPEN SHELL ..
Nanti kalian akan menemukan halaman seperti gambar dibawah:

Kalian tinggal klik pilih file dan kalian pilih deh mau langsung upload script kalian atau upload shell dlu agar bisa nebas index nya ..
Cara melihat/membuka script atau shell yang sudah kalian upload:

www.tapiocaonline.com nya sesuaikan dengan link target kalian..
disini saya akan mencoba mengupload shell..
lihat gambar dibawah:

muncul bacaan upload ok << ini berarti work
Dan saya akan melihat/membuka shell yang saya gunakan di exploit ini ..
Cara membukanya sudah saya kasih tau tadi di atas ..

lihat gambar diatas ,, pas saya ingin mencoba melihat shell muncul halaman Not found , itu bukan berarti gagal, karna shell yang saya gunakan ini private alias berpasword , jadi kalo mau masuk harus klik tab, akan muncul kotak oren kecil ditengah , dan masukan deh paswordnya ..
Dan tarrrrrrrrrrrrrrraaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa >>

ini penampakan shell yang saya gunakan sudah tertanam pada web target ..
Bila ingin menebas dengan script kalian atau mendelete index , tinggal pergi ke public_html
Dan edit atau delete sesuka hati ..
Ini salah satu contoh target yang sudah saya edit halaman utamanya dengan exploit jce ini dan saya taruh di archive deface dihack db milik saya..

Note: "Tidak semua website bisa dengan teknik ini, harap selalu mencari dan mencoba! karena dalam dunia Hacking tidak ada yg instants dan bisa berhasil dengan mudah! Mereka yg berhasil adalah mereka yg selalu sabar berusaha dan terus mencoba!"


Tutorial Membuat Phising Facebook 

Phising merupakan tiruan dari sebuah situs untuk mengelabui seseorang agar orang tersebut meloginkan akunnya ke situs tiruan tersebut, atau dengan kata lain agar dapat mengetahui password si target, Phising juga salah satu teknik dari DNS Spoofing.

Nah, kali ini saya akan jelaskan cara membuat phising facebook dengan mudah. Jadi ini nanti bisa anda gunakan untuk mendapatkan email dan password facebook target. Anda tertarik? Simak baik - baik.

1. Download saja script phisingnya 
disini

2. Setelah anda mengunduhnya, coba anda buka file berformat rar tersebut. Di dalamnya terdapat 3 file yang berguna untuk membuat phising. File bernama "index.html" adalah file yang berisi script tiruan dari facebook yang sudah diedit untuk dijadikan tiruan dari halaman utama facebook. File bernama "logs.php" adalah file yang berisi script untuk menyambungkan index.html dengan logs.txt. Jadi di saat ada korban yang login dari tiruan facebook (yg asalnya dari index.html) otomatis email dan passoword yang diloginkan akan tersimpan pada file logs.txt melalui perantara logs.php. Nah file bernama logs.txt itulah tempat email, password, dan IP korban akan tersimpan.

3. Ok, setelah penjelasan diatas, anda extract terlebih dahulu ketiga file tersebut

4. Setelah di ekstrak, upload ketiga file itu ke hostingan anda. Misal 
idhostinger.com

Untuk cara upload file ke hostingan, lakukan cara berikut

1. Buatlah akun pada idhostinger.com 
disini

2. Isi formulir pendaftaran dengan benar




3. Jangan lupa centang "saya setuju dengan ketentuan penggunaan layanan" lalu klik "Buat Akun"

4. Setelah itu anda masuk ke akun email anda untuk verifikasi akun hosting anda

5. Klik tautan yang ada di kotak masuk yahoo anda untuk mengaktifkan akun hosting

6. Kini akun anda sudah aktif dan anda akan diarahkan ke http://cpanel.idhostinger.com/switcher. Disitu anda klik "buat akun baru"

7. Pilih yang gratis (sebelah kiri) dan klik "order!"

8. Selanjutnya,  anda pilih domain dan isi kolom tersebut. Kolom domain isikan dengan domain (link) yang nantinya akan dijadikan phising. Misal : 
www.fatebook.com




NB: Harus sudah mempunyai domain aktif, bisa dibuat di intuit atau penyediaan domain lainnya.

9. Klik "buat" dan tunggu proses pembuatannya.

10. Jika domain sudah dibuat, klik "beralih" pada sebelah kanan

11. Kini anda berada pada cpanel domain anda. Anda gulung kebawah scroll barnya. Masuk ke file manager 3




12. Selanjutnya anda masuk ke public html. Nah silahkan anda upload ketiga file phising tadi disitu dengan cara klik "upload"

13. Klik "pilih file" untuk memilih script phisingnya dan klik tanda cawang hijau untuk upload



14. Klik lagi tanda cawang hijaunya



15. Selanjutnya klik tanda panah biru

16. Jangan lupa ubah chmod/permissionnya menjadi 777 dengan cara centang "logs.txt" lalu klik "chmod"






17. Klik tanda panah biru untuk kembali ke public html

18. Sekarang 
anda buka domain anda dan jadilah phising facebook anda. Silahkan anda jebak target anda untuk masuk ke web phising anda dan suruh loginkan akun facebooknya disitu. Alhasil email dan passwordnya akan tersimpan di logs.txt

Bonus:
Teknik Carding dan Tutorialnya

Carding adalah berbelanja menggunakan nomor dan identitas kartu kredit orang lain, yang diperoleh secara ilegal, biasanya dengan mencuri data di internet. Sebutan pelakunya adalah Carder. Sebutan lain untuk kejahatan jenis ini adalah cyberfroud alias penipuan di dunia maya. Menurut riset Clear Commerce Inc, perusahaan teknologi informasi yang berbasis di Texas – AS , Indonesia memiliki carder terbanyak kedua di dunia setelah Ukrania. Untuk pendahulu sesepuh cyber Indonesia mereka sudah tidak lagi memakai teknik web deface, melainkan memakai teknik Carding, karna lebih bermanfaat untuk mereka. Sebanyak 20 persen transaksi melalui internet dari Indonesia adalah hasil carding. Akibatnya, banyak situs belanja online yang memblokir IP atau internet protocol (alamat komputer internet) asal Indonesia. Kalau kita belanja online, formulir pembelian online shop

tidak mencantumkan nama negara Indonesia. Artinya konsumen Indonesia tidak diperbolehkan belanja di situs itu.
Menurut pengamatan ICT Watch, lembaga yang mengamati dunia internet di Indonesia, para carder kini beroperasi semakin jauh, dengan melakukan penipuan melalui ruang-ruang chatting di mIRC. Carder juga terkadang melakukan scaning web shoping agar mendapatkan CC dari member web tersebut, lalu si carder memakainya untuk memesan barang dengan CC yang dia dapat.

Langsung saja tutorialnya:
Persiapan:
1.    GOOGLE URL EXTRACTOR
2.    SQL Exploiter
(salah satu software diatas ini terdapat sebuah virus tetapi tidak terlalu berbahaya, dan saya tidak menyediakan link download software diatas ini, karna kalian bisa mencarinya)

Kita mulai dari Google Url Extractor dahulu
1.    Buka Google Url Extractor.exe dahulu
2.    Lalu masukan dork “product.asp?id= site:com“ jika kurang kalian bisa mencarinya disini > http://pastebin.com/TtrVQhH7
3.    Disini saya menggunakan dork “product.asp?id= site:com“
4.    Lalu scan , kalau sudah “found link” Remove duplicated

Lihat gambar dibawah:

5.    Lalu pindah ke tab SQL Injector query builder
6.    Masukan argument tanda Tanya (?) di Insert argumens here

Lihat gambar dibawah:


7.    If finish, click bulid and next you scan !
8.    Lalu pindah ke tab berikutnya Attack Victim
9.    Cari yang result erornya: “unclosed quotation mark before the character”

Lihat gambar dibawah:

Langkah selanjutnya memakai SQL Exploiter:
1.    Buka Sqlnya
2.    Terus menuju TAB Attacker for Hackable !
3.    Click add manually , dan paste hasil copy dari yang di attack victim (google url extractor), dan hilang tanda ‘

Lihat gambar dibawah:


4.    Next Click Site info , tunggu hingga infonya keluar !
5.    Kalau sudah keluar maka tinggal get tables
6.    Nanti akan muncul penampakan , eh maksud saya muncul table table web tersebut
7.    Kalau sudah, pilih salah satu table yang kira kira didalamnya terdapat CC atau paypal, dan biasanya table ini terdapat nama “Order” “Buy”
8.    Terus get column untuk mengetahui apa saja yang ada di dalam isi perut table tersebut

9.    Nanti kalau sudah semua, blok semua column langsung click get data


Hehehe, sekian Postingan hari ini mengenai teknik pencurian data dan tujuan informasi, coba sobat Blog Master ngaca lagi pasti kagak nambah gantengnya kan :v hehehehe ..
jika sobat yang mau Copy artikel saya ini silahkan saja , tapi jadilah pengCopy yang baik yang selalu mencantumkan Sumbernya , Jangan kaya Bocah yang baru bisa mosting artikel Blog ya :D


sampai ketemu pada pembahasan Bab selanjutnya Sobat

Refrensi:
www.youtube.com
www.google.co.id
www.forum.indonesianhacker.or.id
www.ramadhanlmzero.blogspot.com
www.gamezcyber.blogspot.com
www.hacker-newbie.org

www.indocyberarmy.blogspot.com

Content By: "M.Syahrur"